just sharing my life experiences

Welcome

Selasa, 07 Februari 2012

iAtkos L2 di Biostar G41-M7

iAtkos L2 di Biostar G41-M7

sebenarnya udah 2 tahun kira2 saya bergelut dengan dunia per-Hackintosh-an tapi baru kali ini saya mau share pengalaman menanam apel di mesin intel

spesifikasi komputer yang saya pakai :
- Motherboard Biostar G41-M7
- Prosesor Intel Core 2 Duo E7500 @2,93 GHz
- Memory V-Gen 2x 2Gb PC6400
- VGA (onboard) intel GMA X4500
- Soundcard (onboard) Realtek ALC662
- LAN (onboard) Realtek RTL8102EL - 10/100 Controller
- Hardisk Sata Hitachi 250 Gb, dibagi 3 partisi : Seven, Data, FAT32 untuk install mac
(set as primary dan active partition)
- DVD-RW Sata Lite-On

installer yang saya pakai menggunakan iAtkos L2 OSX Lion 10.7.2 dan Multibeast installer untuk menginstall kext (driver) sound

step-step penginstallan :
- masuk ke BIOS (tekan Delete di keyboard pas nyalain CPU)
- set default setting
- Hardisk set ke Enhanced
- USB EHCI di disable (kalau enable ga mau masuk ke proses penginstallan)
- HPET (katanya) enable, tapi saya biarkan disable (default)
kurang tau ini buat apaan, tp di disable pun saya berhasil install
- Save dan Exit

tekan F9 untuk booting pertama dari DVD iAtkos L2, setelah keluar tulisan press F8 to ..... langsung tekan F8 kemudian ketik : -v tunggu hingga masuk installer mac
setelah masuk klik next - next sampai pemilihan mau di install di partisi mana













klik partisi FAT32 yang ingin diinstall mac tadi. pilih erase di tab atas,
format : mac OS extended (journaled)
name : terserah. klik erase di tombol bawah













kalau sudah selesai klik tanda silang untuk keluar dari disk utility
kembali ke pemilihan partisi mana yg akan ditanam, klik partisi yang tadi di format
klik costumize (harus)


















costumize yang saya pilih agar pas di mesin yang saya gunakan :
- default dari iAtkos jangan diubah-ubah, biarin aja
- bootloader option saya tambah :
Grapichs enabler
Built-in Ethernet
32-bit (karena saya hanya ingin menggunakan mode 32bit)
original apel boot logo
- patch yang saya tambahin : IOPCIFamily. kalau tidak dipilih, suka kernel panic ga jelas
- Driver
Sata/IDE : Non-AHCI Sata
Sound : VoodooHDA v.2.7.3 (tapi tidak saya pilih, saya lebih memilih pakai voodooHDA punya Multibeast. saya install nanti kalau sudah masuk desktop)
PS/2 : karena saya pakai keyboard PS/2
- done
klik next untuk melanjutkan installasi, tunggu hingga 15-20 menit tergantung performance Hardware yang digunakan.
sambil nunggu bisa ngopi, ngerokok, makan, atau ditinggal tidur. hehe
setelah selesai klik restart, atau restart otomatis 20 detik

tahap selanjutnya setelah restart, booting pertama dari Hardisk. keluar tulisan press any key to .... pencet sembarang tombol di keyboard kemudian ketik -v.
tunggu hingga masuk ke proses pemberian nama komputer, user, dll

sudah masuk desktop, saya install sound dari multibeast Lion version. kemudian restart

DONE

akhirnya OSX Lion berhasil masuk ke kandang butut yang saya buat
kekurangan dari spesifikasi CPU yang saya pakai hanya pada VGA dan LAN
karena sampai saat ini belum ada kext (driver) yang pas buat kedua item tsb
alternatif agar VGA work QE/CI adalah menambahkan VGA add-on yang kompatibel dengan OSX Lion (sayang ga punya modal) hehe
untuk LAN, karena saya ga pakai jadi saya biarkan mati
saya memakai modem E1550 untuk koneksi internet
driver dan Mobile Partnernya bisa didownload langsung dari web nya

4 komentar:

Anonim mengatakan...

gan klo mw instal iatkos v3/L2 ke lepy tosiba satellite c640 bisa g,,
ne spek nya:
- biostar hm55
- Intel® Pentium® processor P6100 (2.0GHz, 3MB L2 Cache, 1066MHz FSB)
- vga Intel® HD Graphics, up to 729 MB (onboard)
- ram 3 gg
- 320GB (SATA)hard disk
- Integrated 802.11bgn

iwan s mengatakan...

dicoba aja om
prosesornya udah dualcore, langsung coba pake iatkos L2 aja
sebelumnya cek dulu spesifikasi hardware se detail-detailnya pakai everest di windows
berguna untuk mencari kext/driver yang ga ada diinstaller

benyok mengatakan...

udah instal om,,
tp stuck di Logo apell,,
pke Boot verbose -v arch=i386/-v,,
berhenti di appleIntelCPUPowerManagement timeout
mohon pencerahan,a??????????

iwan s mengatakan...

pake bootflag ini coba :
-v cpus=1 busratio=xx arch=i386

keterangan :
xx diganti sama angka ratio bus prosesor yang dipakai
bisa didapat dari webnya ark.intel.com

kalau masih ada masalah silakan gabung di mac-inul.com atau group Facebook http://www.facebook.com/groups/mac.inul/ dan http://www.facebook.com/groups/43963243648/
disana banyak master2 yang bisa membantu :)

My Son